GhostHunter - Pernah anda mendengar tentang KKN di Desa Penari? Ya, ini adalah salah satu kasus yang sangat menarik bagi pecinta cerita horror. Sumber asli yang bisa kamu dapatkan di sini. Lalu mengapa saya menulisnya kembali? Salah satunya adalah di segi bahasa yang lebih mudah kamu mengerti.

Seperti yang disebutkan di sumber aslinya, untuk tempat dan keseluruhan yang bersangkutan akan di sensor. Karena pada dasarnya kejadian ini sebenarnya tidak di ijinkan diceritakan kembali. Bagi sumber sendiri pasti ada hal hal positif yang bisa dipetik dari seluruh kejadian ini.

Mohon bagi siapapun yang mungkin menyadari atau mengetahui lokasi atau apapun itu, mohon untuk tidak angkat bicara ya. Terimakasih sebelumnya yang sebesar besarnya.

Langsung saja inilah Kisah Mengerikan KKN di Desa Penari :

Seluruh anak angkatan 2005/6 sudah hampir menyelesaikan persyaratan untuk mengikuti KKN yang dilakukan di beberapa desa sebagai syarat lanjutan untuk skripsi.

Nampak wajah antusias yang besar di kampus itu, tetapi ada satu anak yang terlihat sedang menyendiri. Widya, begitulah anak-anak biasanya memanggilnya.

Nampak ia gugup,menyepi, menyendiri, hingga ada panggilan telepon yang berbunyi memecahkan lamunannya.

"Saya sudah mendapatkan tempat untuk KKN" ucap suara yang keluar dari telpon tersebut..

Tiba-tiba saja wajah muram itu berubah menjadi senyuman yang penuh harap.

"Dimana?"

"Di kota B, tepatnya desa kabupaten ******, banyak proker, kujamin tempatnya sangat cocok untuk KKN".

Saat itu juga Widya segera mengajukan prop untuk KKN, singkat cerita seluruh persyaratan sudah terpenuhi. Kecuali kelengkapan anggota di setiap kelompok. Paling tidak harus melibatkan 2 fakultas yang berbeda dengan anggota 6 orang.

"tenang" ucap Ayu, perempuan yang sebelumnya memberikan kabar tempat KKN yang ia observasi bersama abangnya.

Benar saja, tidak beberapa lama kemudian muncul Bima dengan Nur, ia menampaikan kelengkapan 6 orang yang melibatkan 2 fakultas sudah disetujui.

"siapa saja yang sudah gabung Nur?" tanya Ayu,

"temanku, terpaut 2 angkatan di atas kita, yang satunya lagi temannya"

batin Widya mulai tenang mendengarnya.

Surat keputusan KKN sudah disetujui semuanya, terdiri dari 2 fakultas dengan proker kelompok dan individu, untk pengabdian di masyarakat yang akan di adakan kurang lebih sekitar 6 minggu.

Sisanya tinggal menunggu pembekalan sebelum keberangkatan.

Jauh hari sebelum pembekalan, Widya meminta restu dan pamitan kepada orang tuanya mengenai proses KKN yang wajib untuk ia tempuh. Namun ketika orang tua Widya kemana project KKN mereka, setelah mendengarnya wajah ibunya seakan tidak menyetujuinya.

"tidak ada tempat lain? Kenapa harus di kota B?" tiba tiba saja wajah ibunya menegang. "Tempat itu hutan semua lho, tidak bagus ditempati oleh manusia".

Tetapi setelah Widya menjelaskan, bahwa sebelumnya sudah dilakukan observasi atau penjelajahan di sana, wajah ibunya sedikit lega.

"Perasaan Ibu tidak enak, apa nggak bisa diundur setahun lagi?"

Widya enggan melakukannya, maka dari itu walaupun berat kedua orang tuanyapun terpaksa menyetujuinya.

Beberapa hari sebelum berangkat

Widya, Ayu, Bima, dan Nur matanya berkeliling melihat sekeliling, merasa khawatir 2 orang yang seharusnya ikut pembekalan juga belum terlihat batang hidungnya. Hingga menjelang siang, 2 orang muncul menyapa dan memperkenalkan dirinya di depan mereka.

Namanya Wahyu dan Anton.

Setelah basa basi, bertanya seputar rencana KKN dari A sampai Z selesai, ahkirnya mereka berangkat.

"Naik apa kita nanti?" tanya Wahyu.

"Elf mas" jawab Nur (seperti angkutan umum di daerahnya, sering disebut dengan mobil bermerk Elf)

"Sampai desanya kita naik mobil dik?"

"Tidak mas, kita akan berhenti di jalur hutan D, nanti ada yang jemput kok." ucap Nur.

Mendengar hal tersebut Widya sontak bertanya kepada Ayu. "Yu, desanya tidak bisa dilewati mobil kah?".

Ayu hanya menggelengkan kepala. "Tidak bisa, tapi deket kok hingga jalan besar, kurang lebih sekitar 45 menitan."

Disinilah, Cerita Ini Dimulai

Sesuai apa yang Nur katakan, mobil berhenti di jalur masuk hutan D, menempuh perjalanan 4 sampai 5 jam dari kota S, hingga tanpa terasa hari sudah mulai petang. 

Ditambah area dekat dengan hutan, membuat pandangan mata sangat terbatas, belum sampai tujuanpun, gerimis mulai turun. Lengkap sudah sepertinya.

Setelah menunggu hampir setengah jam, terlihat dari jauh, cahaya mendekat, Nur dan Ayu langsung mengatakan bahwa mereka yang akan mengantar. 

Rupanya yang mengantar adalah 6 lelaki paruh baya, dengan motor butut.

"Cuk, naik motor nih?" kata Wahyu, spontan, saat itu suasana menjadi aneh.

Tidak tahu disengaja atau tidak, ucapan yang dianggap biasa di kota S, ditanggapi lain oleh para lelaki itu. Wajahnya nampak tidak suka, dan sinis tajam melihat wahyu.

Hanya saja, yang memperhatikan semuanya sedetail itu hanya Widya seorang. Apapun itu semoga tidak terjadi hal buruk diantara kita.

Ditengah tengah gerimis, jalan berlumpur, pohon disamping kanan kiri, mereka tempuh dengan suara motor yang seperti sudah mau ngadat saja. Apalagi medan tanah yang naik turun membuat Widya berfikir kembali.

Sudah hampir satu jam lamanya, namun motor masih berjalan lebih jauh kedalam hutan, khawatir bahwa yang dimaksud Ayu, setengah jam lewat 15 menit adalah setengah hari, Widya berharap semuanya ini cepat selesai.

Ditengah tengah perjalanan, tidak satupun dari pengendara motor itu yang mengajaknya bicara, sedikit heran, apakah warga disana memang pendiam semua.

Malam semakin gelap, dan hutan semakin sunyi sepi, tetapi kata orang, dimana sunyi dan sepi di temui, disana rahasia di jaga rapat - rapat.

Kini, rasa menyesal sempat terpikir di pikiran Widya, apakah ia siap, menghabiskan 6 minggu ke depan di sebuah desa jauh di dalam hutan.

Ketika suara motor memecah suara rintik gerimis, dari jauh sayup - sayup terdengar sebuah suara.

Terdengar suara yang familiar, dengan di iringi tabuhan kendang dan gong, di ikuti suara kenong, kompyang, membaur menjadi alunan suara gamelan.

Apa ada yang sedang melakukan hajatan di dekat sini ?

Lalu ketika sayup-sayup suara tersebut perlahan menghilang, terlihat gapura kayu menyambut mereka.

Tibalah mereka di desa *****, tempat mereka akan mengabdikan diri selama 6 minggu kedepan.

"Permisi" kata para lelaki yang mengantarkan kami, sebelum meninggalkan Widya dengan motornya.

"kesini yuk" teriak Ayu, disampingnya berdiri seorang pria, wajahnya tenang dengan kumis tebal, menggunakan kemeja batik khas ketimuran, ia berdiri seolah sudah menunggu sedari tadi.

"Perkenalkan, ini pak Prabu, kepala desanya, temannya kakakku. Bapak Prabu, ini teman saya dari Kota S, mau melaksanakan kegiatan KKN di kampung bapak"

Pak Prabu memperkenalkan diri, bercerita mengenai sejarah di desanya, ditengah ia bercerita mengenai sejarah desanya, Widya tiba tiba bertanya kenapa desanya harus sepelosok ini, dengan senyuman yang besar pak Prabu menjawab.

"pelosok gimana maksudnya mbak, bukannya jarak ke jalan besar hanya 30 menitan?"

tatapan bingung Widya disambut tatapan bertanya oleh semua teman temannya, seolah pertanyaannya sangat membingungkan.

"Mbaknya mungkin kecapean, sudahlah nanti saya antar ke tempat dimana kalian tinggal".

Ditengah kebingungan itu, Ayu menegur Widya. "maksud lu apa sih Wid, tanya seperti itu? buat tidak enak (sungkan) saja kamu."

Dari situlah Widya menyadari, ada sesuatu yang salah

Tempat menginap untuk laki-laki adalah rumah gubuk yang dulunya sering digunakan untuk posyandu, namun sudah dirubah sedemikian rupa, walaupun beralaskan tanah. Tetapi didalamnya sudah terdapat bayang (Ranjang Tidur) beralaskan tikar.

Sedangkan untuk perempuan, menginap di salah satu rumah warga. Di dalam kamar, Widya-pun bertanya, maksud ucapannya kepada pak Prabu. Karena sepanjang perjalanan bila di rasakan oleh Widya sendiri, itu lebih dari satu jam. Namun Ayu membantah bahwa lama perjalanan tidak sampai selama itu.

Yang lebih aneh adalah Nur tidak memilih untuk berdebat, Nur lebih memilih untuk diam.

"Begini, apakah dirimu mendengar tidak, didalam hutan tadi ada suara gamelan?"

"Ya paling ada yang mengadakan hajatan, apalagi coba?"

Berbeda dengan Ayu - Nur, menatap Widya dengan ngeri.

Sembari berbicara lirih, Nur yang biasanya paling ceria diantara mereka berkata.
"Mbak, tidak ada desa lagi di sini, tidak mungkin jika ada hajatan. Kata orang tua dahulu, jika mendengar gamelan di sini, itu pertanda jelek."

Mendengar itu, Ayu tersulut emosi dan menuding Nur sudah membicarakan hal yang tidak-tidak.

"Nur, tidak usah berbicara sembarangan ya, bukannya kamu ikut observasi di kampung ini sama aku, belum sehari kamu sudah ngelantur ngomongin hal yang tidak masuk akal begini."

Ayu yang kesal meninggalkan kami berdua.

Saat itu Nur mengatakannya, "Mbak, aku ya mendengar suara gamelan itu."

"Masalahnya mbak, aku juga melihat ada penari di jalan tadi."

"Astaghfirullah!" ucap Widya tidak percaya.

Nur menatap nanar Widya, air matanya sudah seperti memaksa keluar, namun Widya hanya bisa pasrah dan memeluk Nur sembari menenangkannya.

Benar kata Ibunya tempo hari "Banyu semilir mlayu nang etan"

Yang artinya air selalu mengalir ke arah timur yang memiliki makna, bahwa timur adalah tempat dimana semua di kumpulkan menjadi satu. Antara yang buruk dan yang paling buruk, dan saat ini Widya harus tinggal di hutan paling timur.

Cerita mengenai Nur dan Widya mengenai suara gamelan di sepanjang perjalanan tadi itu adalah awal mula dari hal ini. Ibarat dari kopi masih di rasa yang paling manis, belum menuju fase pahitnya.

Widya memang mempercayai hal hal mistis, hal itupun ada di dalam ajaran agamanya. Tetapi baru kali ini ia merasakan secara langsung pengalaman itu, walaupun hanya sebuah suara. Berbeda dengan Nur temannya, Ia mengaku melihat hal yang tidak seharusnya dilihat.

Mungkin saja Nur yang terlalu sensitif.

Dari awal, Nur memang yang paling berbeda di antara yang lain, hanya dia yang menggunakan jilbab. Dibandingkan dengan Ayu dan dirinya sendiri, Nur termasuk orang yang paling religius, karena setahu Widya sendiri, Nur jebolan pondok pesantren terkenal di kota "J".

Terlepas dari hal itu semua, pengalaman KKN ini tidak akan pernah dilupakan oleh rombongan yang ada di sini.

"Nur" kata Widya masih menenangkan, "Nur bisa tidak, cerita ini jangan sampai tersebar di anak anak, sedikit ga enak, apalagi jika sampai terdengar warga desa. Kita disini kan sebagai tamu, insyaallah semoga saja semuanya ini berjalan lancar ya."

Nur mengangguk, walaupun enggan untuk menjawab kalimat Widya, dan malam itu tanpa terasa dilewati begitu saja.

Keesokan harinya, rombongan sudah berkumpul, sesuai janji pak Prabu hari ini akan keliling desa. Melihat semua proker yang sudah diajukan oleh Ayu tempo hari, sekaligus meminta saran untuk proker individu yang harus dikerjakan oleh masing masing mahasiswa/wi.

"Begini begini, walaupun saya tinggal disini saya juga pernah kuliah lho dek, sarjana lagi," ucap pak Prabu. Walaupun bahasanya medok (khas orang jawa), bercampur antara bahasa jawa dan bahasa Indonesia.

Mendengar hal tersebut, Wahyu menimpali "Itu loh, dengarkan bapaknya, walaupun tinggal di desa, namun tidak lupa kuliah".

Lalu Wahyu melanjutkan "bapaknya dulu mengambil jurusan apa? perhutanan ya?".

"Bukan", jawab beliau santai, "pertanian".

"Lho, kok tidak ada sawah di sini, gimana sih pak?"

"Memangnya jika mengambil jurusan pertanian harus terjun ke sawah gitu?"

Jawaban pak Prabu membuat tawa pecah, Widya melirik Nur, dia sudah bisa ceria kembali, melupakan kejadian tadi malam. sampailah mereka di pemberhentian pertama, sebuah pemakaman desa.

Aneh...

Hal itulah yang pertama kali dipikirkan Widya, atau mungkin serombongan orang di setiap nisan ditutupi oleh kain hitam.

Pemakamannya sendiri dikelilingi pohon beringin, dan disetiap pohon beringin, terdapat batu besar di sampingnya, disana ada lengkap sebuah sesajen di depannya.

Nur yang tadi ikut tertawa, tetiba saja menjadi diam. Ia mulai menundukkan kepalanya, seolah menolak untuk melihat sesuatu. Pagi itu, tiba - tiba terasa gelap di dalam pikiran Widya.

"Permisi pak, ini kenapa ya kok..." belum selesai Widya bicara, pak Prabu memotong pembicaraannya.

"Saya tahu apa yang adik mau katakan, pasti mau bertanya, kok nisannya ditutupin oleh kain hitam gitu bukan?"

Sontak Widya mengangguk, rombongan menatap serius wajah pak Prabu. Kecuali Wahyu dan Anton, mereka terdengar sayup tertawa kecil.

"Ini namanya Sangkarso, kepercayaan orang sini. Jadi biar tahu, kalau ini loh pemakaman" ucap pak Prabu menjelaskan. Namun jawaban tersebut tidak membuat puas rombongan anak anak itu, hingga Wahyu dan Anton berbisik satu sama lain meledek. Namun pak Prabu masih dapat mendengarkannya.

"orang bodohpun juga bisa membedakan kuburan dengan lapangan pak"

Tiba tiba saja suasana berubah, pak Prabu yang awalnya tersenyum dengan penuh candaan. Tiba tiba saja diam dan raut wajahnya berubah dan tidak tertebak.

"Semoga saja kalian paham yang kalian bicarakan ya."

Kalimat pak Prabu seperti penekanan yang mengancam, setidaknya itu yang Widya lihat. Lalu Bima merespon dengan memohon minta maaf, tetapi Wahyu dan Anton lebih memilih diam setelah mendengar jawaban dari pak Prabu.

"Silahkan pak, bisa melanjutkan ke tempat selanjutnya."

Tujuan berikutnya adalah Sinden (kolam, tempat air keluar dari tanah / sumber mata air) pak Prabu mengatakan bahwa Sinden ini bisa dijadikan proker paling menjanjikan. Tidak jauh dari sana, terdapat sungai, keinginan pak Prabu, Sinden dan sungai dapat dihubungkan, jadi semacam jalan air.

Tidak terasa waktu semakin petang...

Ayu dan WIdya sudah memetakan semua yang pak Prabu tunjukkan, memberinya sampel warna merah sampai biru, dari yang paling diutamakan hingga yang paling ahkir dikerjakan.

Tetapi tetap saja, selama perjalanan, perasaan Widya menemukan banyak keganjilan.

Dari sekian banyak keganjilan, yang paling mencolok adalah tidak satu dua kali, tetapi berkali-kali ia melihat banyak sesajen yang diletakkan di atas tampah. Lengkap dengan bunga dan makanan yang diletakkan di sana, ditambah bau kemenyan membuat hati Widya tidak tenang.

Dari dalam hati berulang-ulang Widya ingin bertanya, namun dari hati kecilnya dirasanya bukan hal yang tepat untuk ditanyakan.

Nur, setelah dari Sinden, tiba tiba saja ijin kembali ke rumah, alasannya sih karena badannya tiba tiba tidak enak. Bima yang menjadi temannya satu pesantren dulu mengantarkannya, jadi observasi dilanjutkan oleh 4 orang saja.

Kemudian, sampailah hingga titik yang paling menakutkan.

"Tipak Talas" jika kata pak Prabu, sebuah batas dimana rombongan anak-anak di larang keras melintasi tempat jalan setapak yang dibuat serampangan ini. Kiri kanan jalan tersebut ada kain merah di ikat oleh janur kuning layaknya pernikahan.

"Mengapa tidak boleh pak?" tanya Ayu penasaran. Namun pak Prabu terdiam sejenak, seperti ingin memberikan jawaban namun ia enggan untuk mengatakannya.

"Itu semuanya hutan ********, tidak ada apa-apanya kok, takutnya, jika kalian nekat lalu tersesat bagaimana?"

Sekali lagi jawaban tersebut membuat hati Widya merasa ganjil. Tetapi, perasaan merinding saat ia melihat jalanan setapak itu sangat nyata.

Disini dari sumber terpercaya The Simple Man yang ada di twitter menjelaskan bahwa dia harus menulis sedetail mungkin di setiap kejadian 6 minggu itu. Namun tetap ada yang saya ubah namun tidak menghilangkan tulisan asli sang penulis.

Observasi diahkiri ketika sudah kembali ke rumah pak Prabu. Ketika kembali, Wahyu dan Anton bertanya letak kamar mandi. Namun ia tak menemukan tempat itu di tempat mereka menginap, ternyata di setiap rumah di desa ini tidak ada satupun yang memiliki kamar mandi.

Akses air yang sulit membuat setiap rumah tidak memiliki kamar mandi.

Namun pak Prabu menjelaskan di bagian selatan Sinden, samping sungai. Ada sebuah bilik dengan kendi besar di dalamnya dan bisa digunakan untuk mandi.

Tidak berhenti di situ, pak Prabu mengatakan bahwa mulai hari ini kendi didalam bilik akan diusahakan selalu terisi penuh, terutama untuk mandi anak-anak perempuan.

Untuk pria bisa mengisi air di kendi dengan menimba air di sungai

Semuanya nampak faham, walaupun wajah Wahyu dan Anton nampak keberatan. Tetapi memang keadaan membuat mereka tidak bisa berbuat apa apa lagi.

Kembali dari penginapan, Widya melihat Nur sedang tidur dan hari itu juga di ahkiri dengan rapat seluruh anak lalu kembali ke kamar masing masing untuk membuat laporan.

Sore menjelang malam-

Nur sudah bangun, saat itu juga Widya memintanya untuk mengantarkan dirinya pergi ke kamar mandi di bilik samping Sinden. Pada awalnya Nur tampak keberatan, tetapi karena dipaksa ahkirnya ia-pun mau. Tetapi Nur memberi persyaratan bahwa yang pertama masuk bilik adalah dia.

Widya-pun mengiyakan persyaratan yang dibuat Nur karena tidak ada pikiran aneh-aneh.

Didalam perjalanan, ia melihat setiap rumah yang dilewati, rata -rata sama. Semua rumah depan kiri-kanan dari gedek (bambu yang di anyam), langit sudah merah dan menempuh jarak lumayan, ahkirnya mereka sampai di sebuah Sinden.

Bangunan Sinden itu menyerupai candi kecil, bedanya kolamnya persegi 4 dengan air yang jernih namun sedikit berlumut. Setelah mencari cari dari Sinden, ketemulah sebuah bilik itu tepat di samping pohon Asem yang besar sekali, rindang, namun sedikit mengerikan.

Sempat ada keraguan di hati Widya, namun Widya mengatakan untuk lanjut. Rupanya benar, terdapat kendi di bilik tersebut.

Air juga sudah tersedia dan penuh didalam kendi, Nur pun masuk, sementara Widya menunggu di depan bilik. Matanya tidak bisa melepaskan diri dari bangunan Sinden yang entah kenapa seolah menarik perhatiannya, di sampingnya ada sesajen itu.

Dari dalam terdapat suara air bilasan dari Nur, setelah mencoba mengalihkan perhatian dari Sinden. Tiba tiba saja Widya sadar, terdapat aroma kemenyan di dekat tempatnya berdiri, maka ditelusurilah wewangian tersebut.

Ternyata memang benar, disebelah pohon asem tersebut terdapat sesajennya. Yang memperparah keadaan adalah kemenyan tersebut baru saja di bakar.

Diantara takut dan kaget, Widya kembali ke pintu bilik, dan dari dalam sudah tidak terdengar suara air bilasan.

"Nur" panggil Widya, "Nur" Widya mulai teriak sembari menggedor pintu kayu didepannya, namun terasa aneh, hening, tidak ada jawaban dari dalam.

Masih berusaha memanggil, terdengar sayup suara lirih, lirih sekali, hingga Widya harus menempelkan telinganya di pintu bilik.

Terdengar Suara Kidung (Lantunan Jawa) yang Merdu didalam Bilik !

Kidungnya sendiri menyerupai kidung jawa kental, suaranya sangatlah lembut, lembut sekali seperti seorang biduan.

"Nur, buka Nur!! buka !!" Widya menggedor pintu dengan keras dan ketika pintu terbuka, Nur melihat Widya dengan ekspresi wajah yang panik.

"Kenapa sih Wid?"

Ekspresi ganjil Widya membuat Nur kebingungan, apalagi mimik wajahnya mencuri curi pandang bak didalam bilik.

"Ayo cepetan mandi, gantian aku yang di luar berjaga"

Kaget, Widya sudah ragu, melihat disamping bilik juga terdapat sesajen, Widya tidak tahu lagi harus cerita ke Nur soal hal itu. Namun dengan sedikit gelisah, Widya ahkirnya bergegas untuk masuk bilik dan menutup pintu.

Bagian dalam bilik sangatlah lembab, kayu bagian dalamnya sudah berlumut hitam. Didepannya ada kendi besar, setengah airnya sudah terpakai, meraih gayung yang terbuat dari batok kelapa dengan gagang kayu jati yang di ikat menggunakan sulur. Widya mulai membuka bajunya perlahan, masih terbayang nyanyian kidung tadi, Widya mencuri curi pandang.

Namun ia tidak sendiri, suasana disitu seperti ada sesosok yang melihat dan mengamatinya. Dari ujung rambut hingga ujung kaki, sosok itu seperti wajah seorang wanita cantik jelita. Widya tidak tahu siapa pemilik wajah itu, Ia berdiri di depan kendi, bajunya sudah tertanggal. 

Mencoba untuk meraih air pertama yang akan membasuh badannya, Widya merasakan dingin sekali air itu terkena tubuhnya. Sunyi dan sepi, Nur tidak bersuara di luar bilik, memberikan sensasi kesendirian yang membuat bulu kuduk merinding.

Disetiap siraman air di kepalanya membuat Widya memejamkan matanya, dan setiap ia memejamkan mata, terbayang wajah cantik nan jelita itu sedang tersenyum memandanginya.

Siapa pemilik wajah cantik itu?

Lalu, kidung itu terdengar lagi, Widya berbalik, mengamati suaranya dari luar bilik, tempat dimana Nur berdiri seorang diri.

Apakah Nur sedang berkidung?

Pertanyaan itu langsung menancap keras di kepala Widya.

Setelah mandi sore itu, di perjalanan pulang, Widya mencuri pandang pada Nur, matanya terus mengawasi, seakan tidak percaya lalu ia bertanya.

"Nur, kamu bisa bersenandung lagu jawa ya?"

Nur mengamati Widya dengan heran, kemudian ia diam.

Jawaban sama sekali tidak keluar dari pertanyaan Widya. Sepertinya Nur membawa rahasianya sendiri tanpa membagikan rahasia itu. (Di cerita Nur kejadian yang janggal ada pada Widya. Jadi mereka saling terheran heran dengan kejadian disana)

Listrik di desa ini menggunakan tenaga Genset, jadi ketika jam menunjukkan ppukul 9, lampu sudah mati. Diganti dengan petromak, Nur sudah pergi tidur, hanya tinggal Widya dan Ayu yang masih menyelesaikan progress untuk proker esok harinya.

Widya masih teringat kejadian sore tadi

Sebenarnya Widya mau cerita, tetapi jika melihat respon Ayu kemarin, tanggapan tidak enak dan berujung pada pidato tengah malam.

Ditengah tengah keheningan mereka menggarap progress, tiba tiba Ayu mengatakan sesuatu yang membuat Widya sedikit tertarik.

"Tadi saya sama Bima, mengecek progres untuk pembuangan, ketika keliling desa. Kalian ingat tidak dengan Tapak Tilas, ternyata tidak jauh dari sana, terdapat rumah sanggar."

Widya dibuat terdiam beberapa saat, sedang memikirkan apa yang dikatakan Ayu.

"Loh bukannya kamu sudah diberitahu bahwa tidak boleh kesana!!"

"Bukan aku" bela Ayu, itu tuh Bima yang ngajak. Katanya ada wanita cantik jalan kesana, ketika diikuti ternyata tidak ada.

"Terus dirimu tetap kesana!!"

"Anak ini, tidak mungkin kan aku meninggalkan Bima hilang begitu saja!!"

perdebatan mereka berhenti hingga disitu, namun perasaan itu.

Widya merasa perasaannya semakin tidak enak sejak menginjak desa ini, semuanya terasa kacau balau.

Karena malam semakin larut, Widya-pun beranjak pergi ke kamar, disana ia melihat Nur sudah tertidur. Ayu-pun menyusul kemudian, berharap agar semua ini segera berlalu.

Tiba tiba saja terdengar langkah kaki saat Widya melihat apa yang terjadi, bayangan Nur melangkah keluar. Karena masih ragu apa mau membangunkan Ayu, WIdya-pun beranjak dari tempatnya tidur, berjalan mengikuti Nur.

Keadaan rumah sudah gelap gulita, sang pemilik rumah tampaknya sudah terlelap di dalam kamarnya, di depan Widya, pintu rumah sudah terbuka lebar, dengan perlahan, Widya melangkah kesana.

Malam itu sangat gelap, lebih gelap dari perkiraan Widya, bayangan pohon tampak lebih besar dari biasanya, dan sayup-sayup terdengar suara binatang malam, sangat sunyi, sangat sepi, di lihatnya kesana-kemari mencari dimana keberadaan Nur. 

Widya terpaku melihat Nur, di depanya Nur berdiri di tanah lapang depan rumah, dia menari dengan sangat anggun, tanpa alas kaki, Nur berlenggak-lenggok layaknya penari profesional.

Widya, termengu mematung melihat temanya seperti itu. ragu, Widya mendekatinya. tak pernah terfikirkan Nur bisa menari seperti ini.

"Nur" panggil Widya, tapi sosok Nur seperti tidak mendengarkanya, ia masih berlenggak lenggok, sorot matanya beberapa kali melirik Widya, ngeri, tiba-tiba bulukuduk terasa berdiri ketika memandangnya.

dari jauh, sayup sayup, kendang terdengar lagi, Widya semakin di buat takut,
tabuhan gamelan sahut menyahut, campur aduk dengan tarian Nur yang seperti mengikuti alunan itu.

kaki seperti ingin lari dan melangkah masuk rumah, tapi Nur semakin menggila, ia masih menari dengan senyuman ganjil di bibirnya.

sampai akhirnya Widya memaksa Nur menghentikan tarianya, ia berteriak meminta temanya agar berhenti bersikap aneh, dan saat itulah, wajah Nur berubah menjadi wajah yang sangat menakutkan.

sorot matanya tajam, dengan mata nyaris hitam semua. Widya menjerit sejadi-jadinya.
kali berikutnya, seseorang memegang Widya kuat sekali, menggoyangkanya sembari memanggil namanya.

Wahyu.

Widya melihat Wahyu yang menatapnya dengan tatapan bingung plus takut

"Malam malam kenapa anj**ng!! nari-nari tidak jelas disini!!"

Jeritan Widya rupanya membangunkan semua orang, termasuk si pemilik rumah, Widya melihat sorot mata semua orang memandangnya, tak terkecuali Nur yang rupanya baru saja keluar dari dalam rumah.

"Ada apa sih nak?" kalimat itu lah yang pertama kali WIdya dengar, si pemilik rumah nampak khawatir. Namun Widya lebih tertuju pada Nur, Ia juga memandang dirinya, mereka sama-sama termangu memangdang satu sama lain.

Kejadian itu diahkiri dengan cerita Wahyu.

Wahyu menceritakan semuanya, awalnya ia hanya ingin menghisap rokok sembari duduk di teras posyandu, kemudian ia tidak sengaja melihat seseorang, sendirian, menari-nari di tanah lapang, karena penasaran, wahyu mendekat.

Sampai Wahyu baru sadar bila yang menari itu adalah Widya.
semua yang mendengarkan cerita Wahyu hanya bisa menatap nanar, tidak ada yang berkomentar, si pemilik rumah akhirnya menyuruh mereka semua bubar dan masuk ke dalam rumah lagi, karena hari semakin larut.

Si pemilk rumah, berjanji akan menceritakan ini kepada pak Prabu. namun ada satu hal, yang sengaja Wahyu tidak ceritakan, nanti, ia akan menjelaskan semuanya.

Namun malam itu, benar-benar Malam yang gila, seolah-olah menjadi pembuka rangkaian kejadian yang akan mereka hadapi di sela tugas KKN mereka ke dalam situasi yang paling serius.

Semua orang sudah berkumpul, memenuhi panggilan pak Prabu, beliau bertanya tentang bagaimana kronologi kejadian.

Ayu mengaku tidak tahu, Widya mengatakan ia sedang mengejar Nur yang pergi keluar rumah, namun Nur mengatakan ia hanya pergi ke dapur untuk mencari air minum.

Semua penjelasan itu tidak membantu sama sekali, namun tampak dari raut muka pak Prabu, ia lebih tertarik bagaimana Widya bisa menari bila latar belakangnya saja bahwa ia mengaku tidak pernah belajar menari sebelumnya

Hari itu, pak Prabu meminta Widya, Ayu dan Wahyu, menemaninya Nur pergi, ia masih harus mengerjakan proker individualnya.

Dengan berbekal motor butut yang tempo hari digunakan untuk mengantar mereka masuk ke desa ini, kali ini di gunakan untuk mengantar mereka ke rumah seseorang.

Wahyu dengan Widya, Pak Prabu berboncengan dengan Ayu. Jalur yang mereka tempuh hampir sama dengan jalur yang tempo hari, anehnya, kali ini Widya merasakan sendiri. Untuk sampai ke jalan raya tidak sampai 1 jam, malah tidak sampai 30 menit, lalu.

Bagaimana bisa ia merasakan waktu selambat itu pada malam ketika orang2 desa menjemput Rumah yang pak Prabu datangi, rupanya rumah seseorang.

Melintasi jalan besar, lalu masuk lagi ke sebuah jalan setapak buatan, Rumahnya bagus, malah bisa di bilang paling bagus di bandingkan rumah orang2 desa, hanya saja, rumah itu berdiri di tengah sisi hutan belantara lain.

Berpagar batu bata merah, dengan banyak bambu kuning, rumah itu terlihat sangat tua, namun masih enak dipandang mata.

Di depan rumah, ada orang tua, kakek-kakek, sepuh, berdiri seperti sudah tau bahwa hari ini akan ada tamu yang berkunjung.

tidak ada yang tahu nama kakek itu, namun pak Prabu memanggilnya mbah Buyut, setelah pak Prabu selesai menceritakan semuanya, wajah mbah Buyut tampak biasa saja, tidak tertarik sama sekali dengan cerita pak Prabu yang padahal membuat semua anak-anak masih tidak habis pikir.

Sesekali memang mbah Buyut terlihat menatap Widya, terkesan mencuri pandang, namun ya begitu, hanya sekedar mencuri pandang saja, tidak lebih.

dengan suara serak, mbah Buyut pergi kedalam rumah, beliau kembali dengan 5 gelas kopi yang di hidangkan di depan mereka.

"Monggo" (silahkan) kata beliau, matanya memandang Widya.

Melihat itu, Widya menolak, mengatakan dirinya tidak pernah meminum kopi, namun senyuman ganjil mbah Buyut membuat Widya sungkan, yang akhirnya berbuntut ia meneguk kopi itu meski hanya satu tegukan saja.

Kopinya manis, ada aroma melati didalamnya, yang awalnya Widya hanya mencoba-coba tanpa sadar, gelas kopi itu sudah kosong.

tidak hanya Widya, semua orang di tegur agar mencicipi kopi buatan beliau, katanya "tidak baik menolak pemberian tuan rumah"semua akhirnya mencobanya.

Berikutnya. Wahyu dan Ayu kaget setengah mati, sampai harus menyemburkan kopi yang ia teguk, mimik wajahnya bingung. Karena rasa kopinya tidak hanya pahit, tapi sangat pahit, sampai tidak bisa di tolerin masuk ke tenggorokan.

Anehnya, Pak Prabu meneguk kopi itu biasa saja.

"Begini" kata mbah Buyut, beliau menggunakan bahasa jawa halus sekali, sampai ucapanya kadang tidak bisa di pahami semua anak. Ada kalimat, penari dan penunggu, namun yang lainya tidak dapat di cerna.

Ia menunjuk Widya tepat didepan wajahnya, mimik wajahnya sangat serius. Pak Prabu mendengarkan dengan seksama, lalu berpamitan pulang.

Sebelum mereka pulang, mbah Buyut memberi kunir tepat di dahi Widya, katanya untuk menjaga Widya saja.

Kunjungan itu sama sekali tidak di ketahui tujuanya, selama perjalanan, pak Prabu bercerita, tentang kopi.

Kopi yang di hidangkan mbah Buyut tadi adalah Kopi ireng yang di racik khusus untuk memanggil Lelembut, Demit dan sejenisnya, bukan kopi untuk manusia, mereka yang belum pernah mencobanya, pasti akan memuntahkanya, namun, bagi lelembut dan sebangsanya, kopi itu manis sekali. 

Semua anak memandang Widya

Namun pak Prabu segera mengatakan hal lain. "sepurane sing akeh nduk, sampeyan onok sing ngetut'i" (mohon maaf ya nak, kamu, ada yang mengikuti)

Selain mengatakan itu, pak Prabu juga mengatakan bahwa tidak perlu takut, karena Widya tidak akan serta merta di apa-apakan, hanya di ikuti saja, yang lebih penting, Widya tidak boleh dibiarkan sendirian, harus selalu ada yang menemaninya. 

Untuk itu, pak Prabu punya gagasan, mulai malam ini, mereka akan tinggal dalam satu rumah. Hanya dipisahkan oleh sekat dari bambu anyam, pak Prabu hanya meminta satu hal, jangan melanggar etika dan norma saja.

Pertemuan itu juga di minta untuk tidak di ceritakan ke siapapun lagi, bahkan Nur, Anton dan Bima.
tempat tinggal mereka yang baru tepat ada di ujung, cukup besar, dan bekas rumah keluarga yang merantau. 

Sekaligus hal ini menjawab pertanyaan kenapa jarang di temui anak seumuran mereka di desa ini, rupanya, kebanyakan anak-anak yang sudah akil baligh pasti pergi merantau.

Dibelakang rumah, ada watu item (Batu kali) cukup besar, dengan beberapa pohon pisang, dan di kelilingi, daun tuntas.

Anton awalnya tidak setuju mereka pindah, karena atmoser rumahnya yang memang tidak enak dan itu bisa terlihat dari luar, namun ini, perintah dari pak Prabu setelah kejadian itu, Ayu sedikit menghindari Widya. 

Widya paham akan hal itu, namun Wahyu sebaliknya, ia mendekati Widya dan memberi semangat agar tidak mencerna mentah2 pesan orang tua itu.

Disini, Wahyu bercerita kejadian yang tidak ia ceritakan di malam kejadian itu.

"Wid, temanmu yang cowok itu baik-baik saja kah?"

"Maksudnya mas?" tanya Widya.

"Anak itu tiap malam keluar Wid, gak tahu kemana, lalu biasanya pulang pulang ketika pagi harinya, apa mengerjakan prokernya, tapi kok harus malam hari?" kata Wahyu.

"Tidak faham aku mas" balas Widya.

"Trus, aku sering mendengar, anak itu ngomong sendiri di kamar" kata Wahyu.

"Tidak mungkin lah mas" ucap Widya.

"Sumpah!! bukan itu saja, kadang ya, anak itu seperti ketawa ketawa sendiri, gila kali anak itu"

"Bima itu religius mas, tidak mungkin aneh-aneh"

"Ya sudah tanya sana ke Anton jika tidak percaya, malam sebelumnya ketika kejadian kamu menari itu, Bima sebenarnya ada di situ, anaknya lihat dari jendela, paham kamu sekarang? gila itu anak kurasa"

Widya diam lama, memproses kalimat itu, ia melihat Wahyu pergi dengan raut wajah kesal.
Malam semua anak sudah berkumpul, Nur ada di kamar, dia sedang sholat.

Widya di ruang tengah sendirian, sedangkan Ayu, Wahyu dan Anton ngobrol di teras rumah, Bima, ada pertemuan dengan pak Prabu.

sebelum, suara kidung terdengar lagi, suaranya dari arah pawon. (dapur) untuk mencapai pawon, Widya melewati kamar, disana Nur sedang bersujud, semakin lama, suaranya semakin terdengar dengan jelas.

Pawon rumah ini hanya di tutup dengan tirai, saat Widya menyibak tirai, ia melihat Nur, sedang meneguk air dari kendi, lengkap dengan mukenanya.

Widya mematung, diam, lama sekali, sampe Nur yang meneguk dari kendi melihatnya.

mata mereka saling memandang satu sama lain.

"Kenapa Wid?" tanya Nur.

Widya masih diam, Nur pun mendekati Widya, sontak Widya langsung lari, dan melihat isi kamar, disana, tidak ada Nur.

"Ada apa sih sebenarnya?" tanya Nur yang sekarang di samping Widya, ia memegang bahu Widya. dingin. tangan Widya masih gemetaran, sampai semua anak melihat mereka kemudian mendekatinya.

"Ada apa ini kok rame sekali?" tegur Ayu.

"Gak tahu, anak ini daritadi ditanya gak jawab - jawab" kata Nur.

"Kenapa Wid?" Wahyu mendekati.

"Tanganmu gemetaran begini ada apa?" tanya Anton.

Nur kembali dengan teko kendi yang tadi, dia memberikanya pada Widya, dan Widya kemudian meneguknya, lalu, tiba-tiba Widya diam lagi, membuat semua orang bingung tangan kiri Widya masih memegang teko.

Sedangkan tangan kananya, terangkat lalu masuk ke dalam mulut, disana, Widya berusaha mengambil sesuatu, ada 2 sampai 3 helai rambut hitam, panjang, dan itu keluar dari dalam mulut Widya.

semua yang menyaksikanya, beringsut mundur. Kaget begitu penutup tekonya di buka, di dalamnya, ada segumpal rambut, benar-benar segumpal rambut dengan air di dalamnya.

Nur yang melihatnya langsung bereaksi. "tadi aku juga minum dari situ, gak tau ada begituanya" Widya muntah sejadi-jadinya, saat keadaan tegang seperti itu, Anton tiba-tiba mengatakan "Dirimu di incar ya Wid? kata si Mbah'ku (kakek) Kalau tiba tiba ada rambut itu biasanya kalau tidak di incar ya di incar makhluk halus."

"Wid, apa penari itu masih mengikuti dirimu, soalnya dari kemarin aku belum melihat dia di belakangmu"

berhari-hari setelah pengakuan Nur itu, membuat Widya semakin was-was, ia jatuh sakit selama 3 hari, dan selama itu juga, Widya hanya terbaring di atas tikar kamar.

Nur tidak melanjutkan lagi ceritanya, karena katanya ia sudah salah mengatakanya, seharusnya ia menahan cerita itu.

Selama Widya terbaring sakit, ia seringkali di tinggal sendirian didalam rumah itu, dan selama tinggal di rumah itu, ada satu kejadian yang tidak akan pernah Widya lupakan.

Semua di mulai ketika, ia hanya berbaring di atas tikar, Ayu dan Nur berpamitan akan memulai proker mereka anak2 cowok juga memulai proker mereka masing - masing.

Seharusnya, tidak ada satupun orang di rumah itu, namun, siang itu, terdengar suara sesuatu yang di pukuli, hal itu menimbulkan rasa penasaran, suaranya seperti benturan antara lempengan yang keras, awalnya Widya menghiraukanya namun, semakin lama, Widya tidak tahan dan akhirnya memeriksanya.

Suara itu terdengar ada di belakang rumah, tepat di samping pawon (dapur), maka Widya pergi kesana, saat ia sampai di pintu pawon, yang terbuat dari kayu, Widya berhenti, di sela2 pintu, Widya mengintip.

Alangkah bingungnya Widya, melihat di antara pohon pisang, ada seorang bapak2, usianya berkisar antara 50'an. Menggunakan pakaian hitam ala orang yang akan berkebun, ia berdiri di antara pohon pisang, matanya tampak mengawasi rumah yang menjadi penginapan Widya selama KKN
lama sekali.

Bapak itu berdiri mengawasi penginapan Widya, gerak-geriknya sangat mencurigakan, seperti ingin masuk ke rumah namun, bapak itu ragu-ragu.

Ketakutan, tiba-tiba terasa di dalam diri Widya, kemudian, selang beberapa menit, bapak itu pergi meninggalkan tempat itu. rasa lega, bapak itu pergi.

Widya berniat kembali ke kamar, disana ia melihat Anton, baru saja masuk rumah, mereka berpapasan, bodohnya, Widya tidak menceritakan hal itu kepada Anton dan anak lain, karena keesokan harinya, peristiwa yang sama itu, kembali terulang..

Di awali suara keras yang sama, Widya kembali mengintip, kali ini, bapak itu lebih berani, ia melihat kesana-kemari, mendekati penginapan dan beberapa kali berusaha mengintip, dari gerak-geriknya, tampaknya bapak itu berniat buruk, masalahnya, apa yang ingin dia cari disini.

Memikirkan hal itu, Widya tiba-tiba seperti baru ingat, ia hanya di rumah ini sendirian, seorang wanita, sendirian di dalam rumah, dan seorang pria asing, mendekati rumah itu, apalagi kalau bukan

sesaat, ketika si bapak sudah berdiri di depan pintu pawon, suara itu mengejutkanya suara keras itu rupanya dari Batu di belakang pawon, keras sekali sampai membuat si bapak lari tunggang langgang.

Widya menyaksikanya sendiri, ada yang melempar batu cukup besar, tepat di Watu item (Batu kali) di belakang rumah

sehingga si bapak panik dan pergi, Widya ikut pergi Widya melaporkanya pada pak Prabu, yang ikut kaget mendengarnya, di carilah si bapak itu, dan ketemu, rupanya dia adalah warga desa sana.

Ketika di tanya apa yang dia lakukan di rumah anak-anak KKN, bapak itu mengatakan sesuatu, yang entah benar atau tidak, bila ia melihat wanita.

Wanita yang di lihat si bapak ini, mengenakan pakaian seperti dayang (penari) dan ia masuk rumah ini, namun karena beliau takut di sangka melakukan hal-hal tidak baik, ia memeriksanya diam-diam, tapi, di hari dimana ia lari tunggang langgang, ia melihat sesuatu di pawon rumah.

Ia melihat wanita itu di dalam pawon rumah, ia sedang menari dengan anggun, sesaat sebelum ia melihat wajahnya, si bapak kaget setengah mati, karena di balik sirat wajah wanita yang di sangka terlihat jelita itu, rupanya polos, rata tak ada bentuk.

Apa yang di ucapkan si bapak memang tidak dapat di percaya, namun pak Prabu tidak punya bukti lebih jauh, maka pak Prabu hanya menegur agar tidak melakukan hal itu lagi, si bapak pun pergi,

namun, pak Prabu mengatakan hal lain yang membuat Widya begidik ngeri,
"onok sing nyoba ngbari sampeyan mbak" (ada yang mencoba memberi pesan sama kamu mbak)

"sinten pak?" (siapa pak?)

"mbah-mbah sing nunggu nang Watu Item" (kakek-kakek penjaga batu kali itu)

Setelah kejadian itu, Widya di minta ke rumah pak Prabu bila masih sakit, namun, ada kejadian lagi, yang Widya alami.

Kali ini melibatkan Nur, dan alasan kenapa rentetan semua kejadian ini, berhubungan satu sama lain.
Mohon Maaf, harusnya hari ini gw Free, udah siapin waktu juga, rencana awal mau namatin malam ini tapi tiba-tiba di suruh lembur lagi.

besok saja ya, mohon maaf sekali.

waktu itu siang hari, Widya sedang mengerjakan prokernya yang sudah tertunda beberapa hari, Wayu mendekati Widya, ia menawarkan kesempatan untuk keluar desa sementara karena harus membeli perlengkapan untuk progress kerjanya yang harus di beli di kota.

"Melu mboten?" (ikut gak?)
"adoh gak?" (jauh gak?)

"2 jam" kata Wahyu, "aku wes ijin pak Prabu, oleh nyilih motor'e" (aku sudah ijin pak Prabu, boleh pinjem motornya)

"nggih pon, melu" (ya sudah, ikut)

Wahyu melihat jam di tanganya, pukul 11 lewat, ia harus cepat menyelesaikan urusanya di kota,
karena sesaat sebelum meminta ijin, pak Prabu sudah mewanti-wanti untuk sudah kembali sebelum hari petang, saat Wahyu menanyakan kenapa harus seperti itu, toh ada jalan setapak yang gampang di telusuri untuk masuk ke hutan ini.

dengan wajah tidak tertebak, pak Prabu, mengatakan,
"gak onok sing ngerti opo sing onok gok jero'ne Alas le" (tidak ada yang pernah tau apa yang tinggal didalam hutan nak)
mereka berangkat, menembus jalan setapak, lalu sampai di jalan raya besar, menyusurinya, jauh, sangat jauh, sampai akhirnya mereka tiba di kota B, disana mereka berhenti di sebuah pasar, Wahyu dan Widya mulai mencari segala keperluan mereka.

kurang lebih setelah 2 jam,
mencari kesana kemari dan setelah mendapatkanya, mereka langsung cepat kembali.

Wahyu berhenti di pom bensin, ia harus mengembalikan motornya dalam keadaan bensin full, etika ketika meminjam barang orang lain.

jam sudah menunjukkan pukul 4, sudah terlalu sore,
sejenak ia melihat Widya dari jauh, ia berhenti tepat di samping penjual cilok, ketika Wahyu sampai disana, ia membeli beberapa cilok, untuk Widya dan dirinya sendiri, saat itulah, si penjual cilok, melihatnya seperti ingin menyampaikan sesuatu.
"Mas nya pendatang?" kata orang asing itu.

"mboten pak" "kulo KKN ten mriki" (tidak pak, saya hanya KKN disini)

"tetep ae, wong joboh to" (tetap saja, orang luar kan?) kata si penjual, masih melihat Widya dan Wahyu bergantian.

"nek oleh takon, masnya sama mbaknya KKN dimana?"
Wahyu menceritakan semuanya, termasuk tempat KKN nya, saat itu juga terlihat jelas sekali perubahan wajah si penjual.

"Loh, sampeyan berarti mari iki liwat Alas D*********??" (berarti sebentar lagi anda akan lewat di hutan **********??)

"nggih pak" (iya pak)
"loh loh, halah dalah" "wes yangmene mas, opo ra isok mene ae mas, sampeyan golek penginapan ae, soale nek jam yangmene, jarang onok sing liwat" (sudah jam segini mas, apa gak bisa besok saja mas, cari saja penginapan, soalnya jam segini sudah jarang ada yang lewat) kata si bapak
"mboten pak, kulo bablas mawon" (tidak pak, saya lanjut saja) kata Wahyu,

"ngeten mas, isok kulo nyuwun waktu'ne sampeyan??" (gini mas, bisa saya minta waktunya sebentar)

si penjual cilok, tiba-tiba mengatakan hal itu dengan wajah tegang.
"nggih pak" kata Wahyu.

Widya yang sedari tadi memilih diam, hanya mendengarkan saja saat penjual cilok itu menceritakan apa yang harus mereka lakukan saat masuk ke Alas ***********

"ngeten mas" (begini mas) "engken, bade sampun mlebet nang Alas'e sampeyan mlaku ae teros"
(nanti setelah kalian sampai dan masuk ke jalanan hutanya, jalan saja ya terus)

"ora usah mandek, utowo ngeladeni opo ae, ngerti ya mas"(gak usah berhenti, apalagi mengurusi hal apapun, sampai sini paham ya mas)

"ojok lali, moco dungo'e sing katah"(jangan lupa doanya yg banyak)
(sing paling penting, nek sampeyan krungu suoro ra onok wujud'e, tetep lanjut, bade sampeyan sampe di gawe ciloko, nek isok lanjut, lanjut ae, ra usah di urus mas, sampeyan percoyo ae, dungo nggih" (yang paling penting, jika kalian dengar suara tanpa wujud, tetap lanjut saja)
(jika sampai kalian di bikin celaka, lalu kalian masih bisa melanjutkan, lanjutkan saja, jangan pernah berhenti disana, yang penting tidak usah di perdulikan, kalian percaya saja, doanya juga utamakan)
Widya tidak pernah mendengar ada orang yang sampai bercerita dengan mimik wajah yang tegang, bahkan bibirnya gemetar saat menceritakan.

"kulo dongakno sampeyan sampeyan selamet sampai nang Tujuan"(saya doakan kalian selamat sampai tujuan)

tepat ketika langit sudah kemerahan,
mereka melanjutkan perjalanan, di belakang, Widya mulai merasakan angin dingin, melewatinya begitu saja. tidak pernah di sangka, jalan masuk hutan, lebih gelap ketika petang sudah mulai menjelang.
cahaya motor yang dikendarai Wahyu menembus kegelapan malam, kilasan pohon hutan di samping kiri kanan jalan menjadi pemandangan tak terelakan, hanya suara motor yang mampu menghidupkan sepi senyap di sepanjang jalan, karena benar saja, tak di temui satupun pengendara lain disini
Wahyu mencoba mencairkan suasana dengan berandai-andai bagaimana bila motor mogok atau ban meletus di tengah antara hutan ini sementara belum di temui satupun pengendara yang lewat, Widya hanya menanggapi kecut, takut bila pengandaian wahyu terjadi pada mereka, dan benar saja.
Motor mereka ngadat tepat setelah Wahyu mengatakan itu.

Widya, diam seribu bahasa, hal kurang pintar dari manusia sejak dulu kala adalah memikirkan sesuatu yang buruk di kondisi yang buruk yang bahkan tidak seharusnya mereka lakukan manakala Doa bisa saja di kabulkan sewaktu2
"mlaku o disek, ben aku isok nyawang awakmu" (jalan saja dulu, biar aku bisa tetap memantau kamu) kata Wahyu, sudah tidak tahan mendengar berapa kali kata "Goblok" keluar dari mulut Widya, sepanjang mereka berjalan sendirian menyusuri jalan ini.

sembari mencoba menstarter motor
entah berapa lama mereka berjalan, dan masih belum di temui satupun pengendara yang di mintai pertolongan, Wahyu masih melihat Widya, berjalan sendirian didepan, tak sekalipun wajahnya menengok Wahyu seolah Wahyu sudah melakukan kesalahan paling fatal, yang pernah Wahyu buat.
sampai, langkah kakinya berhenti.

Widya, menghentikan langkah kakinya, Wahyu yang melihat itu, tiba-tiba merasa ada sesuatu yang salah. pasti.

"nek sampek awakmu kesurupan, bener-bener parah awakmu, gak isok ndelok sikonku nyurung montor ket mau" (kalau sampai kamu kesurupan,
bener-bener keterlaluan kamu, apa gak bisa lihat kondisiku dari tadi sudah capek dorong motor dari tadi)

Widya melihat Wahyu, mata mereka saling memandang satu sama lain.

"yu, krungu ora?? suara mantenan??" (Yu, dengar tidak? ada suara hajatan??)
bukan mau mengatakan Widya sinting, tapi, Wahyu juga mendengarnya, dan suara itu tidak jauh dari tempat mereka.

"Wid, eleng gak, jare wong dodol cilok, nek onok opo-opo lanjut ae" (Wid, inget gak kata penjual cilok, jangan berhenti walau ada apapun, kita lanjut saja)
seperti kata Wahyu, Widya pun melanjutkan perjalanan, semakin mereka berjalan, semakin keras suara itu, dan semakin lama, di iringi suara tertawa dari orang-orang yang sedang melangsungkan hajatan, sampai, di lihatnya, terdapat jenur kuning melengkung, disana, Widya melihatnya
sebuah pesta, tepat di sebuah tanah lapang samping jalan raya, seperti sebuah area perkampungan, disana, lengkap dengan orang-orangnya, juga panggung tempat musik di dendangkan.

Wahyu dan Widya, terdiam cukup lama, seperti termenung memastikan bahwa yang mereka lihat, manusia.
tidak ada angin, tidak ada hujan, Wahyu dan Widya tercekat saat ada orang tua bungkuk bertanya tiba-tiba tepat di samping mereka.

"Nopo le" (ada apa nak?) suaranya halus sekali, sangat halus, "sepeda'e mblodok?" (motornya mogok?)

Wahyu dan Widya hanya mengangguk, pasrah.
si orang tua memanggil anak-anak yang lebih muda, kemudian menuntun sepeda, menepi dari jalan raya, tidak lupa, si orang tua mempersilahkan Wahyu dan Widya istirahat sebentar, sembari menunggu motornya di betulkan.

suanasanya ramai, semua orang sibuk dengan urusanya sendiri2
ada yang bercanda, ada yang mengobrol satu sama lain, ada yang menikmati alunan gamelan yang di tabuh seirama, lengkap dengan si pengantin yang terlihat jauh dari tempat Wahyu dan Widya duduk.

"aku ra eroh nek onok kampung nang kene?" (aku tidak tau ada kampung disini?)
Widya hanya diam saja, matanya fokus pada panggung, didepan penabuh gamelan masih ada ruang, acara apa yang akan mereka adakan dengan ruang seluas itu.

rupanya, pertanyaan Widya segera terjawab, dari jauh, tiba-tiba tercium aroma melati. aroma yang familiar bagi Widya.
di ikuti serombongan orang, dihadapanya ada seorang penari, ia di tuntun naik ke atas panggung, kemudian, semua orang memandang pada satu titik, tempat penari mulai berlenggak lenggok di atas panggung, semua mata, seperti terhipnotis melihatnya
"Ayu'ne curr!!"(cantik sekali anj*ng!!) kata Wahyu

bingung, apakah hanya perasaan saja, mata si penari beberapa kali mencuri pandang pada Widya, ia seperti mengenal penari itu, tapi, tidak ada yang tau siapa si penari, sampai si bapak tua kembali, menawarkan makanan pada mereka
Wahyu yang mungkin lapar, melahap habis mulai dari lemper sampai apem di hadapanya, sembari bercakap-cakap sama si bapak tua, namun Widya lebih suka melihat si penari, ia mampu membuat semua orang tertuju melihatnya, menatapnya dengan tatapan yang menghipnotis.
setelah si penari turun dari panggung, si bapak mengatakan, motor mereka sudah selesai, bisa di naikin lagi, benar saja.

motor mereka sudah bisa di pakai lagi, sebelum pergi, Wahyu dan Widya berpamitan, mereka berterimakasih sudah mau menolong mereka yang kesusahan,
si bapak mengangguk, mengatakan mereka harus hati-hati, tidak lupa si bapak memberi bingkisan, menunjukkan isinya pada Wahyu dan Widya, itu adalah jajanan yang di hidangkan tadi, membungkusnya dengan koran, Widya menerimanya, mengucap terimakasih lagi, lalu lanjut pergi.
tidak ada yang seheboh Wahyu, yang terus berbicara tentang cantiknya paras si penari, kisaran usianya mungkin lebih tua dari mereka, namun, cara dia berdandan, bisa menutupi usianya sehingga dari jauh, kecantikanya terlihat begitu sulit di gambarkan.
Widya, lebih tertarik dengan kampung itu. demi apapun, sewaktu perjalanan, tidak di temui satu kampung pun, jangankan kampung, warung saja tidak ada sama sekali.

namun, motor Wahyu benar-benar mereka betulkan, dan mereka tulus membantu tanpa meminta apapun,
jadi, apa mungkin, hantu bisa membetulkan motor.

satu yang coba Widya yakini, mungkin, mereka tidak melihat kampung tadi saja, yang terpenting, di jalan setapak ini, Desa KKN mereka sudah semakin dekat.
sesampainya di kampung, Wahyu pergi mengembalikan motor, sedangkan Widya sudah di tunggu oleh semua anak, mereka khawatir, berdiri menunggu di teras rumah.

"tekan ndi seh?? kok suwe'ne" (darimana sih? kok lama sekali) kata Ayu,

"tekan Kota, belonjo keperluan kene" (dari kota)
(belanja keperluan kita)

Nur membuang muka melihat Widya, sudah biasa, kadang Nur memang seperti itu, setelah dia menceritakan kejadian kemarin, ia tidak lagi mau membicarakan itu, sekarang, dia sedikit menjauhi Widya, dan ia merasakan itu, sangat terasa.
di suasana tegang itu, hanya Bima yang mencoba mencairkan suasana, "wes ta lah, kok kaku ngene seh"(sudahlah, kok canggung gini)

Bima menggandeng Widya, menyuruhnya masuk rumah, "awakmu pegel kan" (kamu pasti capek kan)

tidak beberapa lama, Wahyu sudah datang, ia masuk ke rumah
tanpa membuang2 waktu, alih-alih ia istirahat, Wahyu dengan suara menggebu-gebu bercerita kalau baru saja mengalami kejadian tidak mengenakan atas insiden motor, sampai dibantu, orang kampung, tidak lupa, ia bercerita tentang penari yang ia temui, kecantikanya, ia ceritakan semua
bukan sambutan yang Wahyu dapat, tapi tatapan kebingungan lah yang pertama Wahyu lihat.

"ra onok Deso maneh nang kene" (tidak ada desa lagi disini) kata Bima, Wahyu yang mendengar itu tidak terima.

"eroh tekan ndi awakmu" (tau darimana kamu)

"aku wes sering nang kota yu,"
(aku sudah sering ke Kota Yu) "Prokerku onok hubungane ambek program hasil alam, dadi sering melu nang kota mabek wong-kene" (Prokerku berhubungan sama program hasil alam, jadi sering ikut ke kota sama orang sini) "sampe sak iki, aku rong eroh onok deso maneh nang kene"
(sampai sekarang, aku belum nemuin satu lagi kampung di dekat sini)

"ngomong opo, mbujuk" (bicara apa, nipu) kata Wahyu geram.

"Mas" kata Nur, "pancen ra onok Deso maneh nang kene, kan wes tau di bahas" (Mas, memang gak ada lagi desa disini, kan sudah pernah di bahas dulu)
"koen kabeh nek ra percoyo, tak dudui bukti, nek aku ketemu wong deso liane" (kalian kalau gak percaya tak kasih bukti kalau ada desa lain di sekitar sini)

Widya yang sedari tadi diam, tiba-tiba di tarik oleh Wahyu. "takono ambek Widya nek ra percoyo"
(tanya sama Widya kalau tidak percaya)

Widya masih diam, lama, sementara yang lain menunggu Widya berbicara, hal yang membuat Widya bingung adalah, kopi.

sadar atau tidak, Widya sempat merasakan aroma kopi yang manis itu di jajanan yang ia cicipi, rasanya sama persis.
karena tidak sabar, Wahyu membuka paksa tas Widya dan mengambil bingkisan itu, bukan koran lagi yang Wahyu temuin, namun, daun pisang yang terbungkus di jajanan pemberian bapak tua itu.
tepat ketika Wahyu membuka bingkisan itu.

Semua orang melihat isi di dalam bingkisan itu, berlendir, dan aromanya sangat amis, tidak salah lagi, di dalam bingkisan itu adalah kepala monyet yang masih segar dengan darah di daun pisangnya.
setelah kejadian malam itu. Wahyu mengurung diri dalam kamar, 3 hari lamanya, kadang, ia masih tidak percaya dengan hal itu, namun, bila mengingat bagaimana kepala-kepala monyet itu jatuh dari tanganya, rasa mualnya akan kembali, membuat wahyu harus memuntahkan isi perutnya..
Widya hanya mengulang kalimat mbah Buyut "jangan menolak pemberian tuan rumah" sejatinya, Wahyu dan Widya sudah benar, meski ia tahu semua itu ganjil, namun mereka harus tetap mencicipinya, yang jadi masalahnya, hanya Widya yang sadar, bahwa yang menemani mereka bukanlah manusia
seandainya saja, Widya mengatakan keganjilan itu kepada Wahyu, menolak pertolongan mereka, menolak pemberian mereka, mungkin jalan cerita semua ini akan benar-benar berbeda, bisa saja, justru, penolakan seperti itu akan mendatangkan balak (bencana) bagi mereka,
apapun itu, Widya sudah mengerti satu hal, ada hubungan yang secara tidak langsung, tentang dirinya dan sang Penari.
Malam itu, Widya baru selesai melihat prokernya yang di bantu beberapa warga desa, ketika langit sudah gelap gulita, Widya menyusuri jalan setapak desa, seperti biasa, suara binatang malam mulai terdengar, ia terus berjalan sampai melihat rumah tempat mereka menginap.
seharusnya yang lain sudah ada di rumah, entah mencicil laporan proker atau mungkin sejenak beristirahat, namun anehnya, lampu petromax yang seharusnya menyala di depan rumah, mati. membuat rumah itu terlihat lebih sunyi, kelam, dan mengerikan. seolah rumah itu memanggil namanya.
"wes biasa" batin Widya, memantapkan hatinya. rumah ini memang masih terbilang baru bagi Widya dan yang lainya, namun, tempo hari, mendengar bahwa ada penunggu di belakang rumah, membuat Widya kadang tidak tenang, dan beberapa kejadian ganjil hampir pernah Widya alami, hanya saja
apa yang Widya alami, apakah juga mereka alami, hanya saja mereka menutupi dan lebih memilih diam.

kini, Widya sudah ada di depan pintu, mengetuknya, mengucap salam, dan kemudian melangkah masuk, dilihatnya ruang tengah, tempat biasa Ayu ada disana, menulis laporan, sayangnya-
tidak ada Ayu disana. hanya ruangan kosong.

di teras rumah pun sama, seharusnya Wahyu dan Anto ada disana, sedang bercanda seputar apa yang mereka lakukan hari ini di temani asap rokok dari mulut mereka, atau suara Nur yang sedang mengaji, dan Bima yang entah apa yang ia lakukan
selama tinggal di rumah ini. hanya Bima, yang masih terasa asing bagi Widya.
sayangnya, malam itu, tak di temui satupun penghuni rumah ini, apakah Widya terlalu sore untuk pulang, sedangkan yang lain masih sibuk mengurus proker mereka masing-masing bersama warga.

entahlah. Widya bersiap masuk ke kamar, saat, sekelebat perasaan tak nyaman itu muncul.
perasaan seolah ada yang mengawasi entah darimana, dan menimbulkan rasa berdebar di dada, ketika, suara tawa ringkik terdengar dari Pawon (dapur) rumah, saat itulah, Widya yakin, sesuatu ada disana.

sesuatu yang bukan lagi hal baru, ia harus memeriksanya.
ketika Widya menyibak tirai, ia melihat Nur, duduk di sebuah kursi kayu, matanya menatap lurus tempat Widya berdiri, ia masih mengenakan mukenah putihnya seolah-olah, ia baru menunaikan sholat dan belum menanggalkan mukenahnya, hanya saja, kenapa ia duduk diam seperti itu.
"Nur" "ngapain?" kata Widya.

Nur masih diam, matanya seperti mata orang yang kosong.

saat itulah, Widya melihat Nur menundukkan kepalanya dengan posisi duduk itu, seakan-akan ia tertidur di atas kursi kayunya. membuat Widya panik, mendekatinya.
Widya menggoyang badanya, namun Nur tidak bergeming, saat Widya mencoba menyentuh kulit wajahnya yang dingin, Nur terbangun dan melotot melihat Widya, tatapanya, seperti orang yang sangat marah.
"Cah Ayu" (anak cantik) hal itulah yang pertama Widya dengar dari Nur, hanya saja, suaranya, itu bukan suara Nur. suaranya menyerupai wanita uzur. melengking, membuat bulukuduk Widya seketika berdiri.

namun, saat Widya mencoba pergi, tanganya sudah di cengkram sangat kuat.
"kerasan nak nang kene," (betah tinggal disini)

Widya tidak menjawab sepatah katapun, suaranya mengingatkanya pada neneknya sendiri, benar-benar melengking.

"yo opo cah ayu, wes ngertos badarawuhi" (gimana anak cantik, sudah kenal sama penunggu disini)

Widya mulai menangis.
"lo lo lo, cah ayu ra oleh nangis, gak apik" (anak cantik gak boleh menangis) Matanya masih melotot, pergelangan tangan Widya di cengkram dengan kuku jari Nur.

"cah lanang sing ngganteng iku ae wes kenal loh kale Badarawuhi" (anak ganteng itu saja sudah kenal sama dia)
"Nur" ucap Widya sembari tidak bisa menahan takutnya lagi, suasana di ruangan itu benar-benar baru kali ini bisa membuat Widya setakut ini.

"iling Nur iling" (sadar Nur sadar)

Nur tertawa semakin kencang, tertawanya benar-benar menyerupai tertawa yang membuat Widya diam takut.
"awakmu gak ngerti, sopo aku" (kamu gak ngerti siapa aku?)

"mbok pikir, nek gak onok aku, cah ndablek model koncomu sing gowo Bolo alus nang kene isok nyilokoi putu 'ku, aku, sing jogo Nur sampe sak iki, ra tak umbar, Bolo alus nyedeki putuku. ngerti"
(kamu pikir, kalau tidak ada aku, anak nakal seperti temanmu yang sudah membawa penunggu disini bisa mencelakai cucuku, aku yang selama ini sudah menjaganya, tidak akan ku biarkan mereka mendekati cucuku. mengerti)
"nyilokoi nopo to mbah" (mencelakai bagaimana?)

"cah ayu, kancamu siji bakal ra isok balik. nek awakmu rong sadar, opo sing bakal kedaden, tak ilingno, cah ganteng iku, bakal gowo ciloko, nyeret kabeh nang petoko nang deso iki"
(anak cantik, satu dari temanmu tidak akan bisa kembali, jika kamu belum sadar, semuanya akan terjadi, ingatkan anak itu, yang sedang membawa petaka jika di biarkan semuanya akan kena batunya di desa ini)

setelah mengatakan itu, Nur teriak keras sekali, lalu jatuh terjerembap.
Widya menggotong Nur kembali ke kamarnya, menungguinya sampai ia terbangun dari pingsanya, dan benar saja, ia tidak tahu kenapa ia bisa tertidur, mungkin terlalu terbawa ketika sholat.

Nur bercerita saat di pondok, kalau sudah kudu menikmati sholatnya, biasanya sampai ketiduran.
entah apa yang Widya pikirkan, sampai tiba-tiba ia bertanya hal yang Nur paling tidak sukai

"sejak kapan bisa lihat begituan?"

awalnya, Nur salah tingkah, tidak mau cerita, sampai ketika Widya menungguinya, Nur mengatakanya, sejak mondok, ia bisa melihatnya, karena memang harus
"Ghaib itu ada" kata Nur, "sebenarnya, tiap orang ada yang jaga, jenisnya berbeda-beda, ada yang jahat, ada yang baik, ada yang cuma mengikuti, ada yang cuma numpang lewat"

"awakmu onok sing jogo?" (kamu ada yang jaga?) tanya Widya.
"jarene onok" (katanya ada) ucap Nur, suaranya pelan, sepeti tidak mau menjawab.

"kok jarene" (kok katanya)

"aku ra tau ndelok Wid, aku di kandani kancaku sak durunge metu tekan pondok, jarene, sing jogo aku, wujud'e mbah dok, mbahku biyen)
(aku belum pernah melihatnya langsung, aku di kasih tahu temanku sebelum keluar dari pondok, katanya, wujudnya menyerupai nenekku)

setelah mendengar itu, Widya hanya mendengar Nur, bercerita tentang pengalamanya selama mondok, namun, Widya lebih memikirkan hal lain.
23 Hari, sudah di lalui, setiap hari, perasaan Widya semakin tidak enak, di mulai dari satu persatu warga yang membantu prokernya mulai tidak datang satu persatu, kabarnya mereka jatuh sakit, anehnya, itu terjadi di proker kelompok mereka, yang berurusan dengan Sinden.
pernah suatu hari, Widya mendengar secara tidak langsung, kalau ini semua karena Sindenya mengandung kutukan, tapi pak Prabu bersihkeras itu mitos, takhayul, sesuatu yang membuat warga desanya ketinggalan jaman.

namun, satu kali, Widya pernah di kasih tahu warga, bila Sinden ini
ada yang jaga.

katanya, Sinden ini dulu, sering di gunakan untuk mandi oleh dia. dia yang di bicarakan ini, tidak pernah di sebut warga, namun yang mencurigakan dari kasus ini adalah, nama Sinden ini, adalah Sinden kembar.

Sinden kembar. Widya selalu mengulangi kalimat itu.
Sinden kembar, membuat Widya semakin penasaran

alasan kenapa pak Prabu memasukkan ini menjadi proker adalah, agar air sungai dapat di alirkan ke Sinden ini, sehingga warga tidak perlu lagi jauh-jauh mengambil air ke sungai yang tanahnya terjal, namun, seperti ada yang ganjil
Malam itu, Ayu mengumpulkan semua anak, perihal masalah yang mereka hadapi, hampir setengah warga yang membantu proker mereka tidak mau melanjutkan pekerjaanya. alasanya bermacam-macam, sibuk berkebun sampai badanya sakit semua.
dari semua anak yang punya usul, hanya Bima yang tidak seantusias yang lain.

di malam itu juga, Widya ingat yang di katakan Wahyu, setiap malam, Bima pergi keluar rumah, entah apa yang di lakukanya.

Widya, sengaja begadang hanya untuk memastikan, dan ternyata benar, malam itu
Bima pergi keluar rumah.
Widya masuk ke kamar Bima, disana ada Wahyu sama Anto, yang pertama Widya lakukan, membangunkan Wahyu, meski enggan, Widya terus memaksanya, setelah Wahyu benar-benar terjaga, Widya memberitahu kalau Bima baru saja keluar.

Wahyu hanya menatap Widya keheranan,
"aku lak wes tau ngomong su" (aku kan sudah pernah bilang jing)

"lha ya, ayo di tutno, nang ndi arek iku" (lha iya, makanya, ayo kita ikuti, kemana anak itu)

"gawe opo? paling nang omahe prabu, ndandani tong bambu'ne" (buat apa, palingan dia ke rumah prabu, memperbaiki tong-
sampahnya yang dari bambu)

"yo wes mboh" (ya sudah terserah)

Widya keluar dari kamar itu, kemudian ia pergi menyusul Bima, sendirian.
Bima itu anak cowok yang paling religius, sama kaya Nur, karena mereka memang sudah dekat di kampus. tapi, Anton sering cerita, kalau kadang, dia memergoki Bima Onani di dalam kamar, dan itu tidak sekali dua kali, masalahnya adalah, saat Bima melakukan itu, ada suara perempuan
Widya tidak terima Bima di katain itu oleh Anton, Widya pun bertanya darimana dia tahu Bima onani?

"heh, mbok pikir aku ra eroh wong onani iku yo opo?" (kamu pikir saya gak tau bagaimana cowok onani?)

Widya masih diam, mendengarkan penjelasan Anton.
"sing dadi masalahe iku guk Bima Onani" "kabeh lanangan pasti tahu onani, aku gak munafik, masalahe, onok suara wedok'e,??"

(yang jadi masalahnya itu bukan Bima onani, semua cowok pasti pernah, aku gak munafik, masalahnya, ada suara perempuanya.??)
"pas tak enteni, sopo arek iku, nek gak awakmu, pasti Ayu nek gak Nur, tapi, ra onok sopo sopo sing nang kamar ambek cah kui" (ketika ku tunggu, siapa perempuan itu, ku kira itu kamu, kalau gak ayu atau nur, ternyata, tidak ada siapa-siapa di dalam kamar sama dia)
"trus" tanya Widya.

"suoro sopo sing tak rungokno lek ngunu?" (suara siapa dong yang ku dengar waktu itu)

"masalahe, aku wes sering krungu, mesti, onok suoro iku" (masalahnya, aku sudah sering dan selalu dengar suara itu)
cerita Anton membuat pandangan Widya berubah, dan malam itu, ia melihat Bima berjalan jauh ke timur, arah menuju sebuah tempat yang seringkali membuat Widya merinding tiap memandangnya.

Tipak Talas.
TIPAK TALAS

Widya melihat Tipak talas seperti sebuah lorong panjang hanya saja, dindingnya adalah pepohonan besar dengan akar di sana-sini, selain medan tanahnya yang menanjak, di depan Tipak talas, ada gapura kecil, lengkap dengan kain merah dan hitam di sekelilingnya.
pak Prabu pernah bercerita, kain hitam adalah nama adat untuk sebuah penanda seperti di pemakaman, namun bukankah warna cerah lebih baik untuk menjadi sebuah penanda, sebelum Widya tahu kebenaran dari warga yang bercerita, bahwa hitam yang di maksud adalah simbol alam lain.
hitam bukan untuk yang hidup, melainkan untuk tanda bagi mereka yang sudah mati. MATI

lalu, apa maksud penanda warna merah?

konon, dari seluruh tempat yang di beri penanda sebuah kain di desa ini, hanya gapura ini yang di beri kain warna merah, apalagi bila bukan simbol petaka
Widya mulai melangkah naik, kakinya tidak berhenti mencari pijakan antara akar dan batu, sembari tanganya mencari sesuatu yg bisa menahan berat tubuhnya

Malam sangat dingin, dingin sekali. hanya kabut di tengah kegelapan yg bisa Widya lihat, butuh perjuangan keras untuk sampai
ketika Widya sampai di puncak Tapak tilas, Widya hanya melihat satu jalan setapak, kelihatanya tidak terlalu curam, namun rupanya butuh ekstra perjuangan juga, disana, Widya merasakanya, perasaan yang tidak enak dari tempat ini, semakin kentara, hal itu, membuat Widya merinding.
jalan setapak itu tidak terlalu besar, di kanan-kiri di tumbuhi rumput dan tumbuhan yang tingginya hampir sebahu Widya, dari sela tumbuhan dan rumput, Widya bisa melihat hutan yang benar-benar hutan, pohon menjulang tinggi dengan tumbuh2an disekitarnya yang tidak tersentuh.
sangat mudah mengikuti Bima, karena hanya tinggal mengikuti jalan setapak, namun, setiap kali Widya berjalan, selalu saja, dari balik semak atau rerumputan, seperti ada yang bergerak-gerak, kadang ketika Widya mencoba memandangnya, suara itu lenyap begitu saja.
Tanahnya keras, dan lembab. namun Widya terus menembus jalanan itu, semakin lama semakin dingin, dan sudah beberapa kali Widya berhenti untuk menghela nafas panjang.

jalanan ini, sepeti tidak berujung, namun, bila kembali, Widya tidak akan tahu apa yang dikerjakan Bima disini.
hal yang cukup di sesali Widya hanya satu, ia hanya mengenakan sandal selop, memang, apa yang Widya lakukan malam ini, spontan karena penasaran, tanpa persiapan, tanpa teman, dan sesal itu, kian bertambah saat Widya mulai mendengar gending.

ya. suara yang familiar,
nada yang dimainkan adalah kidung yang Widya dengar saat ia berada di bilik mandi, bersama Nur, sedangkan alunan gamelan yang dimainkan adalah alunan yang sama saat Widya mencuri pandang pada penari yang menari di malam dia bersama Wahyu.

bukanya lari, Widya semakin menjadi-jadi
semakin jauh, suaranya semakin jelas, dan semakin jelas suaranya, semakin ramai bahwa disana, Widya tidak sendirian.

namun, yang Widya temui, adalah ujung Tipak talas, yaitu, sebuah tumbuhan yang di tanam tepat di jalan setapak.

tumbuhan itu, adalah tumbuhan beluntas.
tumbuhanya kecil, tapi rimbun, samping kiri kanan, sudah gak bisa di lewati, kecuali bila membawa parang, dan tentu saja butuh waktu yang lama untuk membabat semak belukar, namun, wangi tumbuhan beluntas seharusnya langu, namun yang ini, wanginya seperti aroma melati,
seperti tidak sadar, Widya sudah mengunyah daun itu, dan terus mengunyah, Widya baru sadar saat tenggorokanya tersayat batang beluntas yang tajam, dan di balik tumbuhan itu, Widya melihat jalan menurun, pantas saja, ia hanya bisa melihat ujung jalan setapak berhenti disini.
jadi, jalan menurunya di tutup oleh banyak sekali tumbuhan beluntas, saat Widya menuruninya, ia sampai harus berdarah-darah meraih tanaman beluntas yang di lilit tali puteri.

di bawahnya, dia melihat Sanggar yang di ceritakan Ayu dulu, dan sanggarnya benar-benar berantakan.
ada 4 pilar kayu jati yang di pangkas segi 4, memanjang ke atas dengan atap mengerucut, dari jauh terlihat seperti bangunan balai desa, namun lebih besar dengan lantai panggung.

disana, suara gamelan terdengar jelas sekali, seperti sumber suara gamelan itu ada di bangunan ini.
saat Widya mendekatinya, meski ragu, ia merasa kehadiranya tidak sendirian, ramai, seperti tempat ini penuh sesak, namun, tidak ada siapapun disana, hanya dia sendiri, yang berjalan mendekati

tepat ketika Widya menginjak anak tangga pertama, suara gamelan, berhenti, sunyi senyap
hening sekali.

keheningan itu benar-benar menganggu Widya, kehadiranya seperti tidak di terima disini.

namun Widya memaksa untuk tetap melihat, dan saat itu, Widya mendengar seseorang menangis, suaranya familiar, seperti suara orang yang ia kenal.

Ayu.
Widya baru mengingat sesuatu yang paling ganjil selama KKN disini, Ayu.

Ayu tidak pernah sekalipun cerita apapun tentang desa ini, sesuatu yang ganjil yang menganggunya, sebaliknya, Ayu menentang semua yang tidak masuk akal di desa ini,
namun di malam ketika mereka berdebad mendengar suara gamelan, Ayu pasti berbohong, Ayu sebenarnya juga tahu dan mendengarnya secara langsung, Ayu lebih tahu tentang semua ini, jauh di atas yang lain, termasuk, apa yang Bima lakukan selama ini.
seperti menangkap angin, ada suara tangisanya, namun tak ada wujud dimanapun Widya mencari, tetapi, tempat sesunyi dan sesepi itu, masih terasa ramai bagi Widya, seperti ia di tatap dari berbagai sudut.

Widya melihat dari jauh, di bawah sanggar, ada sebuah gubuk, berpintu.
Widya mendekatinya, namun enggan membukanya, ia mengelilingi gubuk itu, dari dalam gubuk, terdengar suara Bima, di ikuti suara perempuan mendesah, sangat jelas, namun Widya tidak bisa melihat apa yang ada di dalam sana.

leher Widya perlahan semakin berat, dan berat.
saat Widya masih bersusah payah mencari cara untuk melihat, nasib baik, Widya menemukan beberapa celah kecil untuk mengintip, darisana Widya menyaksikanya langsung, Bima, sedang berendam di Sinden (Kolam) di sekitarnya, ia di kelilingi banyak sekali ular besar.
melihat itu Widya kaget, dan parahnya, Bima menatap lurus ke tempat Widya mengintip, semua ularnya sama, seperti yang Widya rasakan, mereka tahu, ada tamu tak di undang.

melihat reaksi seperti itu, Widya berbalik dan lari pergi.
saat lari itulah, suara tabuhan gong di ikuti suara kendang, terdengar lagi, suara gamelan itu, terdengar keras, lengkap dengan suara tertawa yang bersahut-sahutan, dan Widya melihat Sanggar kosong itu, di penuhi semua yang tidak Widya lihat saat tiba di tempat ini.
dari ujung ke ujung, penuh sesak, banyak sekali yang dilihat Widya, ada yang melotot, dari yang wajahnya separoh, sampe yang tidak punya wajah.

dari yang pendek, sampai yang tingginya setinggi pohon beringin. mereka memenuhi Sanggar dan sekitarnya, Widya mulai menangis.
suara yang nyaris memenuhi telinga Widya dan hampir membuatnya gila itu tiba-tiba berhenti.

Widya melihat, di depanya, ada yang sedang menari, tarianya hampir membuat semua yang ada disana melihatnya.

disana, Widya menyadari, yang menari itu Ayu,
matanya Ayu sembab, seperti sudah menangis lama, tapi gelagat ekspresi wajahnya seperti menyuruh Widya lari, lari, tanpa tahu apa yang terjadi, Widya langsung lari, melewati kerumunan yang sedang melihat Ayu menari di sanggar.

Widya memanjat tempat itu, menangis sejadi-jadinya.
sampai di jalan setapak, Widya dengar anjing menggonggong, tidak beberapa lama, anjing hitam keluar dari semak belukar, setelah melihat Widya, anjing itu lari, Widya mengikuti anjing itu.

Widya keluar dari jalan setapak itu, ketika subuh, terlihat dari langit yang kebiruan.
tapi rupanya, Widya salah.

seorang warga desa, kaget bukan main melihat Widya, dia langsung lari sambil berteriak memanggil warga kampung.

"Widya nang kene, iki Widya wes balik" (Widya disini, anaknya sudah kembali)

bingung, hampir warga berhamburan memeluk Widya.
"mrene ndok, mrene, awakmu sing sabar yo, awakmu kudu siap yo ambek berita iki" (kesini nak, kesini, kamu yang sabar ya, kamu harus siap sama berita yang nanti kamu dengar) seorang ibu, memeluk Widya, di matanya ia seperti menahan nangis, Widya hanya gaguk, diam, tidak mengerti.
si ibuk menggandeng Widya, Widya masih diam, seperti orang linglung, di jalan ramai warga desa yang mengikuti Widya, Widya mencuri dengar dari mereka yang bicara di belakang.

"wes di goleki sampe Alas D********* jebule, maghrib kaet ketemu arek iki, aku wes mikir elek"
(sudah di cari sampai ujung *********** gak taunya baru ketemu maghrib anak ini, aku sudah mikir buruk)

sehari semalam, Widya rupanya sudah menghilang.
ketika Widya melihat rumah penginapan mereka, Widya melihat banyak sekali orang berkumpul disana, dan saat mata mereka melihat Widya, semuanya hampir tercengang tidak habis pikir. seperti melihat hantu, lalu, terlihat dari dalam, pak Prabu keluar, wajahnya, mengeras melihat Widya
mata pak Prabu mendelik, melihat Widya. "tekan ndi ndok?" (darimana kamu nak)

Widya tidak menjawab apa yang pak Prabu tanyakan, si ibuk juga menenangkan pak Prabu agar tenang, sembari menggiring Widya masuk ke rumah, Widya mendengar Nur menjerit, menangis, seperti kesetanan.
saat Widya masuk dan melihat apa yang terjadi, Widya melihat ruangan itu di penuhi orang yang duduk bersila, mereka mengelilingi 2 orang yang terbujur, tubuhnya di tutup selendang, di ikat dengan tali putih, menyerupai kafan, Wahyu dan Anto menatap kaget saat Widya masuk.
"Wid, tekan ndi awakmu?" (darimana kamu Wid?) ucap Nur yang langsung memeluk Widya.

"onok opo iki Nur?" (ada Apa ini Nur)

Nur menutup mulutnya, tidak tau harus memulai darimana, sampai Wahyu berdiri, "Ayu Wid, Nur lihat Ayu, tiba-tiba terbujur kaku, matanya tidak bisa di tutup"
Widya mendekati Ayu, di sampingnya ada Bima, ia terus menerus menendang-nendang dalam posisi terikat itu, layaknya seseorang yang terserang epilepsi, matanya kosong melihat langit-langit, mereka berdua terbaring tidak berdaya, sontak Widya ikut menjerit sebelum ada yg menenangkan
dari Pawon, mbah Buyut keluar, ia melihat Widya kemudian memanggilnya.

"sini ndok, Mbah jek tas gawe kopi" (sini nak, si mbah baru saja selesai membuat kopi)

mbah Buyut, duduk di kursi kayu yang ada di pawon, ia melihat Widya lama, kemudian mengatakanya. "Koncomu wes kelewatan"
"Pripun mbah?" (bagaimana mbah?)

"yo opo rasane di kerubungi demit sa'alas?" (bagaimana rasanya di kelilingi makhluk halus satu hutan?)

Mbah Buyut masih mengaduk kopinya, memandang Widya yang tampak mulai kembali kesadaranya, "nyoh, di ombe sek" (nih, di minum dulu)
Widya menyesap kopi dari mbah Buyut, tiba-tiba rasa pahit yang monohok membuat tenggorokan Widya seperti di cekik, membuat Widya memuntahkanya, begitu banyak muntahan air liur Widya yang keluar, ia melihat mbah Buyut yang tampak mengangguk. seperti memastikan.
"koncomu, ngelakoni larangan sing abot, larangan sing gak lumrah gawe menungso opo maneh bangsa demit" (temanmu, melakukan pantangan yang tidak bisa di terima manusia, apalagi bangsa halus) kata mbah Buyut sembari geleng kepala.

"paham ndok" (paham nak)

Widya mengangguk.
"Sinden sing di garap, iku ngunu, Sinden kembar, siji nang cidek kali, siji'ne nang enggon sing mok parani wingi bengi" (Sinden yang kamu kerjakan, itu kembar, satu di dekat sungai, satu yang kemarin malam kamu datangi)

"eroh opo iku sinden?" (tahu kegunaan Sinden?)
"mboten mbah" (tidak tahu mbah)

"Sinden ku, enggon adus'e poro penari sak durunge tampil. nah, Sinden sing cidek kali, gak popo di garap, tapi, sinden sing sijine, ra oleh di parani, opo maneh sampe di gawe kelon"
(Sinden itu tempat mandinya para penari sebelum tampil, nah, sinden yang di dekat sungai tidak apa-apa di kerjakan, tapi, sinden yang satunya, tidak boleh di datangi, apalagi di pakai kawin)
"Widya ngerti, sopo sing gok Sinden iku?" (Widya tahu siapa yang ada di sinden itu)

Widya diam lama, sebelum mengatakanya. "Ular mbah"

"nggih. betul" "sing mok delok iku, ulo-anak'e Bima karo" (yg kamu lihat itu, adalah anaknya Bima sama)

"Ular itu mbah"

mbah buyut mengangguk
"iku ngunu, mbah sing kecolongan, Widya mek di dadekno Awu awu, ben si mbah ngawasi Widya, tapi mbah salah, koncomu iku sing ket awal wes di incer karo" (itu, mbah yang kecolongan, Widya cuam di jadikan pengalih perhatian, biar si mbah ngawasi kamu, tapi mbah salah, dari awal,
yang di incar sama)

mbah Buyut diam lama, seperti tidak mau menyebut nama makhluk itu. "

"ngantos, yo nopo mbah, Ayu kale bima saget mbalik?" (lalu bagaimana mbah, apa Ayu sama Bima bisa kembali?)

"isok isok" kata mbah Buyut, "sampe balak'e di angkat"
"balak'e di angkat mbah" (bencananya di angkat) kata Widya, bingung.

"Bima ambek Ayu wes kelewatan, sak iki, kudu nanggung opo sing di lakoni" (Bima sama Ayu sudah kelewatan, sekarang, dia harus menanggung apa yang dia perbuat)

"Ayu sak iki, kudu nari, keliling Alas iki)
(Ayu sekarang harus menari mengelilingi Hutan ini)

"sak angkule nari, sadalan-sadalan" (tampil, menari, di setiap jengkal tanah ini)

"Bima mbah?"

"Bima, yo kudu ngawini sing nduwe Sinden" (Bima ya harus mengawini yang punya Sinden)

"Badarawuhi mbah"

Mbah buyut kaget.
"oh ngunu" (oh begitu) "wes eroh jeneng'e" (sudah tahu namanya)

"Badarawuhi, iku salah sijine sing jogo wilayah iki, tugas Badarawuhi iku nari, dadi bangsa lelembut iku yo seneng ndelok Badarawuhi iki nari, nah, sak iki, Ayu kudu nanggung tugas Badarawuhi nari"
(Badarawuhi itu salah satunya yang jaga di wilayah ini, tugasnya ya menari, jadi bangsa lelembut suka melihat tarian dari Badarawuhi, sekarang, Ayu harus menggantikanya)

"Bima, kudu ngawini Badarawuhi, anak'e iku wujud'e ulo, sekali ngelahirno, isok lahir ewonan ulo"
(Bima harus mengawini Badarawuhi, anaknya itu berwujud ular, sekali melahirkan, bisa lahir ribuan ular)

"salah kancamu, wes ngelakoni hal gendeng nang kunu, dadi kudu nanggung akibate" (salah temanmu sendiri, jadi sekarang mereka harus tanggung jawab)
"Badarawuhi iku ngunu ratune ulo, bangsa lelembut sing titisan aji sapto, balak'e ra isok di tolak opo maneh di mendalno, mene isuk, tak coba'e ngomong apik-apik'an, wedihku, koncomu ra isok balek orep2"
(Badarawuhi itu ratunya ular, bangsa lelembut yang sudah tak terbendung, kutukanya, gak bisa di tolak apalagi sampai di buang, besok pagi, biar tak coba ngomong baik-baik, takutnya, temanmu tidak bisa kembali hidup2)
mbah buyut pergi, Nur, Wahyu dan Anton melihat Widya sendirian di pawon, duduk, sembari termenung.

"Goblok!! Bima karo Ayu asu!! kakean ngent*t!!" (bodoh!! Bima sama Ayu itu Anj*ng!! kebanyakan ngent*t)

kaimat itu, yang mereka semua pikirkan malam itu.
meski yang di ucapkan Wahyu itu kasar, namun tidak ada yang keberatan dengan semua itu, terlebih, masalah ini sudah sampai ke pihak kampus, bahkan ke keluarga Bima dan Ayu.
pak Prabu menceritakan bahwa kronologi kejadian ini sudah tidak bisa mereka bendung, KKN yang menjadi tanggung jawab beliau, harus sampai, ke semua orang yang terlibat, meski awanya Nur mencoba memohon agar masalah ini jangan sampai keluar dulu, namun, hilangnya Widya, membuat
Pak Prabu akhirnya menyerah dan memilih melaporkanya.
lalu apa yang terjadi sama Ayu dan Bima?

Pagi itu, serombongan mobil datang, mereka adalah keluarga sekaligus panitia KKN yang sudah mendengar semua ceritanya dari pak Prabu.

Ayu masih terbaring, matanya melotot, namun tubuhnya masih seperti orang lumpuh.

Bima, masih kejang2
well ada yang mau lihat foto mereka?
maaf maaf, Aib!!

soal mobil, gw gak paham. intinya mereka di jemput paksa, KKN mereka di coret, gw bakal lanjutin akhir ceritanya saja ya, sama yang bersangkutan. di selesaiin saja malam ini, biar gw bisa fokus kerja. lagi. tapi serius pengen lihat foto mereka?

gw cuma moto dari hape, karena fotonya di cetak di art paper, dan gw cuma bisa bilang, Bima sama Ayu, cantik dan ganteng memang. karena itu gw berani gambarin fisiknya si Bima.
gw lanjut ya

sebenarnya, proses penjemputan gak semudah yang bakal gw tulis, karena pihak keluarga Bima maupun Ayu, marah besar, mereka tidak terima anaknya di bikin seperti ini.

bahkan pihak kampus juga kena, karena kasusnya benar-benar hampir di bawa ke media nasional,
Widya, Nur sampai harus mohon agar Ayu dan Bima di biarkan tetap tinggal disini, yang konon kata Mbah Buyut bisa saja balaknya di ambil sewaktu waktu, namun, dari pihak keluarga Ayu dan Bima, tidak mau lagi, mereka tetap membawa Ayu dan Bima, hasilnya?

Ayu hanya bisa tidur dengan mata terbuka terus menerus, Widya pernah di ceritain oleh ibunya, bahwa kadang, ia melihat mata Ayu meneteskan air mata, tapi, setiap di tanya, dia hanya diam, tak menjawab,

Ayu akhirnya meninggal setelah 3 bulan di rawat. abangnya, merasa bersalah
sampai hampir mau mengamuk di desa itu, namun, pak Prabu pun sama, seharusnya sejak awal, saat Ayu memohon di ijinkan KKN disana, ia tegas menolak, alasanya, memang tempat itu tidak baik untuk di tinggali mereka yang masih bau kencur.
Bima??

bagaimana?? meninggal juga, Malam sebelum dia meninggal, Bima teriak minta tolong, tapi ketika ditanya, kenapa dan minta tolong apa?

Bima berteriak ular, ular, ular, ia meninggal lebih dulu dari Ayu, tubuhnya di kebumikan, orang tuanya awalnya masih mau memperpanjang-

masalah ini sama pihak kampus, tapi akhirnya di cabut, dengan catatan, KKN tidak lagi di adakan di timur jawa lagi, sejak saat itu, kampus ini, hanya memperbolehkan KKN ke arah barat, tidak lagi timur, apalagi Desa yang jauh.

ada hal yang bikin gw radak susah gambarin adalah, narasumber (Widya) disamarkan, setiap beliau bercerita, beliau hanya menceritakan intinya, dan gw harus ngatur ulang ceritanya agar nyambung, terlepas dari itu, gw inget, tiap dia cerita, tanganya gugup, seperti -
tidak mau mengulang peristiwa itu. apapun itu, gw berharap cerita ini mengandung hikmah bagi kalian yang membacanya,

untuk peserta KKN nya pun sebenarnya bukan 6 orang, tapi 14 orang, gw perpendek untuk mempersingkat cerita beliau yang saling berkaitan satu sama lain
untuk kesalahan, pengetikan, dan bikin kentangnya, gw mohon maaf sebesar-besarnya.

memang benar, manusia itu merasa besar, padahal sesungguhnya ada kebesaran lain yang membuat manusia gak ada apa-apanya di balik kalimat kecil, dimanapun kalian berada, junjung tata krama-
saling menghormati, saling menjaga satu sama lain, dan senantiasa bersikap layaknya manusia yang beradab.
(sumber cerita ini berasal dari Mr Simple_Man, terimakasih sebelumnya atas cerita yang disampaikan narasumber)